Top Ads

Friday, 11 December 2015

Cara Riset Pemasaran yang baik



Bagaimana Riset pemasaran yang baik?
http://bisniswalada.blogspot.co.id/2015/12/riset-pemasaran.html
Riset pemasaran merupakan suatu proses, sistem  dan seni dalam rangka mencari, memperoleh data/informasi untuk dapat digunakan oleh para  manajer dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran.

Riset pemasaran adalah perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data yang sistematis serta temuan temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan. 10 hal yang bisa di pasarkan

Riset pemasaran dapat dilakukan secara formal maupun informal baik melalui studi pustaka maupun melalui studi lapangan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan eksperimen khususnya mengenai aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan pemasaran.  Pada dasarnya riset pemasaran relatif sama dengan riset-riset lainnya namun cenderung bersifat sosial. bidang-bidang yang diteliti secara umum meliputi unsur-unsur lingkungan, baik intern maupun ekstern. 
riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen dan kondisi persaingan serta unsur-unsur lain yang langsung berpengaruh terhadap pelaksanaan bauran pemasaran perusahaan. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan adanya jaringan informasi yang baik sehingga tercipta komunikasi bisnis yang baik sekaligus riset pemasaran dapat terselenggara dengan sendirinya

proses riset pemasaran
1. mendefinisikan masalah, alternatif keputusan dan tujuan riset
2. mengembangkan rencana riset
3. mengumpulkan informasi
4. menganalisa informasi
5. mempresentasikan temuan
6. mengambil keputusan

a.  mendefinisikan masalah, alternatif keputusan dan tujuan riset
     Dalam hal ini manager pemasaran dan peneliti pemasaran untuk mendefinisikan masalah dengan hati-hati dan menentukan tujuan dari riset ini. Management harus mengarahkan agar jangan sampai masalah menjadi luas atau terlalu sempit.

Sebelum melakukan sebuah riset, perusahaan harus mengetahui masalah apa yang ingin dicari tahu jawabannya melalui penelitian. Dalam tahap ini perusahaan menentukan tujuan penelitian yang akan di lakukan, latar belakang informasi yang relevan, dan bagaimana informasi tersebut dapat bermanfaat.
perusahaan atau organisasi melakukan riset untuk tiga tujuan dasar : (1) untuk mempengaruhi atau membujuk , (2) untuk membuat inovasi baru, (3) untuk memahami atau memprediksi perilaku konsumen. 

b. mengembangkan rencana riset
    riset pemasaran mengharuskan pengembangan  rencana yang paling efisien untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Untuk merancang rencana riset kita harus mengambil keputusan tentang , sumber data, pendekatan riset, instrument riset, rencana pengambilan sampel,  dan metode kontrak. Sumber data terdiri dari data sekunder dan data primer data sekunder adalah data yang dikumpulkan untuk tujuan lain dan sudah ada di suatu tempat. Data primer adalah data baru yang dikumpulkan untuk tujuan tertentu atau untuk proyek riset tertentu

Pendekatan riset pemasar mengumpulkan data primer dengan lima cara :
Riset observasi
Kelompok focus
Survey
Data perilaku
Eksperimen

Instrument riset mempunyai tiga pilihan instrument riset utama dalam mengumpulkan data primer: kuesioner, pengukuran kualitatif, dan peralatan teknologi

Rencana pengambilan sampel. Setelah memutuskan pendekatan dan instrument riset, periset pemasaran harus merancang rencana pengambilan sampel, hal ini membutuhkan tiga keputusan :

Unit pengambilan sampel : siapa yang harus kita survey ?
Ukuran sampel : berapa banyak orang yang harus kita survey ?
Prosedur pengambilan sampel: bagaimana kita harus memilih  responden

Metode kontak
periset pasar harus memutuskan bagaimana ia akan menghubungi subjek yaitu melalui :

Kuesioner surat
Wawancara telepon
Wawancara pribadi
Wawancara online


c. mengumpulkan informasi
Fase pengumpulan data riset pemasaran biasanya adalah fase termahal dan paling cenderung mengandung kesalahan.

 Ada empat masalah utama yang timbul dalam survey yaitu :

Beberapa responden tidak berada dirumah dan harus dihubungi kembali atau diganti
Responden menolak untuk kerjasama
Responden lainnya tidak menjawab dengan jujur atau bisa
Pewancara mungkin bisa atau tidak jujur

d. menganalisa informasi
Satu langkah sebelum langkah terakhir adalah penyimpulan temuan dengan mentabulasikan data dan mengembangkan distribusi frekuensi. Periset menguji berbagai hipotesa dan teori, juga menerapkan analisis sensitivitas untuk menguji asumsi dan kekuatan kesimpulan.

e. mempresentasikan temuan
Periset mempresentasikan temuan yang relevan dengan keputusan pemasaran utama yang dihadapi manajemen. Periset semakin dituntut untuk memainkan peran konsultan yang lebih proaktif dalam menerjemahkan data dan informasi menjadi pandangan dan rekomendasi.

f. mengambil keputusan
Manajer yang memerintahkan dilakukannya riset harus mempertimbangkan bukti. Mereka dapat memutuskan untuk mempelajari masalah ini lebih lanjut dan melakukan lebih banyak riset. Keputusan ada ditangan mereka, riset yang dilakukan secara cermat memberikan pandangan bagi mereka terhadap masalah tersebut

Terima Kasih, Semoga bermanfaat:) dan jangan lupa kunjungi Manajemen Pemasaran

5 comments:

  1. Emmmmt bagus sihh coba diterapkan mungkin kamu lebih bisa mengerti bagaimana memasarkanya di kemuadian harii...:-) *selamat mencobaaa...;-)

    ReplyDelete
  2. Wah...bagus info nya..boleh tuh...di coba...#Waladha

    ReplyDelete